fbpx

Indodax

Review Indodax

Indodax - Duniapedia

Review Indodax ini mengupas lengkap tentang platform mata uang kripto Indodax yang terdiri dari 4 bagian, antara lain:

  • Gambaran umum tentang Indodax.
  • Biaya-Biaya Indodax
  • Cara Deposit Rupiah di akun Indodax.
  • Kelebihan dan kekurangannya.

Jadi, tanpa basa basi panjang, yuk kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Gambaran Umum Indodax

Indodax adalah marketplace untuk jual beli Bitcoin dan mata uang kripto (cryptocurrency) lainnya menggunakan mata uang rupiah terbesar di Indonesia.

Bursa aset digital asal Indonesia ini telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2014. Sebelumnya, Indodax bernama Bitcoin Indonesia, namun pada 14 Maret 2018 berubah nama menjadi Indodax.

Saat ini, Indodax telah memiliki 2,7 juta pengguna terverifikasi, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri. Setiap pengguna dapat melakukan jual beli aset kripto, seperti Bitcoin, Ethereum, Binance Coin, Dogecoin, dan puluhan mata uang kripto lainnya dengan mudah dan aman. Platform ini juga memiliki cabang di Jakarta dan Bali.

Platform penukaran mata uang kripto ini sangat populer di kalangan investor Indonesia karena merupakan perusahaan Indonesia dan menggunakan Rupiah sebagai alat transaksi pembelian cryptocurrency.

Pengguna marketplace cryptocurrency ini juga dapat melakukan setoran dan penarikan dana secara langsung. Layanan jual beli mata uang kripto di Indodax buka setiap hari selama 24 jam. Bahkan pada hari libur, seperti Idul Fitri, Natal, dan Imlek pun masih buka dan beroperasi.

Jadi, tunggu apalagi mulai investasi cryptocurrency Anda di Indodax sekarang!

Tampilan Trading Indodax

Setiap bursa aset digital memiliki tampilan trading yang berbeda. Tidak ada namanya tampilan trading terbaik. Pengguna lah yang harus menentukan sendiri tampilan trading seperti apa yang cocok untuk Anda.

Fitur yang membuat tampilan trading sama di hampir semua platform online trading adalah menunjukkan buku pesanan atau “order book” yang meliputi grafik harga cryptocurrency yang dipilih dan riwayat pesanan.

Fitur lainnya yang biasanya tersedia adalah memiliki kolom jual dan beli. Sebelum Anda memilih bursa aset digital, coba lihat tampilan trading terlebih dahulu, sehingga Anda dapat memastikan platform trading tersebut cocok untuk Anda. Berikut gambar tampilan trading di Indodax:

Indodax memiliki tampilan trading yang lebih mudah dan hal ini dapat dilihat dari antarmuka (interface) jual dan beli. Tampilan interface jual dan beli juga mudah dipahami oleh investor baru di mata uang kripto.

Berikut tampilan jual dan beli di Indodax

Mobile Friendly

Salah satu fitur menarik dari Indodax adalah dapat diakses dari smartphone, sehingga aktivitas jual beli cryptocurrency sangat mobile friendly. Jadi, jika Anda ingin melakukan trading di mana saja dan kapan saja, Indodax adalah pilihan terbaik. Berikut tampilan trading lewat smartphone:

Tampilan Mobile Friendly Indodax

Kegiatan Rutin Indodax

Salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Indodax adalah trading contest yang berhadiah mobil, motor, elektronik, dan uang ratusan juta rupiah. Kontes trading ini dapat diikuti secara kelompok dan individual.

Cara Daftar Indodax

  • Klik tombol daftar Indodax atau kunjungi Indodax dan klik “Registrasi Akun”.
  • Isi kolom username, alamat email, nomor HP, buat kode password, klik saya setuju dengan Syarat dan Ketentuan, dan klik “Lanjut Pendaftaran”.
  • Anda menerima email dari Indodax untuk mengaktivasi akun, kemudian klik akun tersebut. Daftar Akun pun berhasil dan selesai.
Cara Daftar Indodax
Formulir Pendaftaran Indodax

Cara Login Indodax

  • Kunjungi website atau aplikasi Indodax dan pilih menu “masuk atau login”.
  • Masukkan alamat email dan password yang telah Anda daftarkan.
  • Klik tombol “Klik untuk memverifikasi” dan sesuaikan dengan puzzle, kemudia klik tombol “Masukkan”.
  • Jika berhasil login, Anda diminta untuk memeriksa nomor HP, klik “Nomor di Atas Benar”
  • Selanjutnya, Anda akan menerima SMS berisi PIN ke nomor HP Anda.
  • Masukkan PIN SMS ke kolom verifikasi SMS dan klik “Submit”.
  • Jika berhasil, Anda akan masuk ke dashboard Indodax dan bisa melakukan jual beli cryptocurrency.

Biaya-Biaya Indodax

Biaya Trading Indodax

Biaya trading di platform online cryptocurrency mana pun sangat penting untuk dipertimbangkan. Biaya trading mata uang kripto mulai dari 0,00%.

Ini adalah penawaran yang luar biasa dan biaya Indodax benar-benar mengesankan. Beberapa platform online cryptocurrency tidak memungut biaya untuk aktivitas trading antar mata uang kripto.

Untuk perdagangan antara mata uang kripto dan mata uang fiat dipungut biaya sebesar 0,30% bagi pengguna yang ingin menarik uang.  Namun, jika pengguna ingin menukarkan mata uang masih gratis.

Biaya Penarikan Indodax

DeskripsiJumlah
Minimal saldo penarikanRp100,000
Biaya penarikan0,5% dari setiap penarikan
Minimal biaya penarikanRp25,000

Catatan: Setiap penarikan Rupiah akan diproses dengan jaringan LLG (Kliring) atau RTGS. Penarikan yang dilakukan di atas jam 12.00 WIB atau 13.00 WITA akan masuk pada hari kerja bank selanjutnya.

Untuk mencegah terjadinya kasus pencucian uang, penipuan, dan sebagainya, pemerintah Indonesia memberikan batas jumlah penarikan untuk Bitcoin dan Rupiah.

Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) dapat menarik uang hingga Rp200 juta atau ekuivalennya dalam Bitcoin setelah melakukan verifikasi akun. Sedangkan, Warga Negara Asing (WNA) dapat menarik hingga Rp10 juta atau ekuivalennya dalam Bitcoin setelah melakukan verifikasi akun.

Batasan jumlah penarikan ini akan direset ulang setiap jam 00.00 WIB. Jadi, jika Anda telah menarik Rupiah/Bitcoin melebihi batas yang ditentukan, maka tunggu sampai lewat tengah malam untuk menarik Rupiah/Bitcoin kembali.

Namun, Anda juga bisa menambah batasan jumlah tersebut dengan cara di bawah ini:

  • Masuk ke Menu “Profile&Setting”, dan klik “Ubah” pada menu batas penarikan harian.
  • Isi formulir.
  • Centang “Saya setuju dengan Syarat dan Ketentuan”.
  • Klik “Simpan”.

Pihak Indodax akan memproses dan melakukan perubahan batas jumlah penarikan di akun Anda sesuai permintaan dan transaksi.

Cara Deposit Rupiah di Indodax

Indodax menawarkan berbagai cara deposit Rupiah secara instan, mulai dari setor tunai lewat Bank, transfer online lewat virtual account, voucher, E-Wallet, dan hingga ritel.

Berikut beberapa cara deposit Rupiah di Indodax:

  • Klik menu “Wallet”, dan pilih “IDR – Depo/WD”.
  • Masukkan jumlah dana yang ingin disetor.
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan, contohnya lewat transfer Bank, voucher, E-Wallet, atau Retail. Klik “Lanjutkan”.
  • Jika memilih deposit dengan transfer bank lewat Virtual Account Bank Sinarmas, Bank Permata, BNI, Maybank, atau Bank Mandiri. Pilih bank dan lakukan deposit dengan cara transfer internet banking, mobile banking, atau ATM. Masukkan nomor rekening Bank Anda dan klik “Lanjutkan”.
  • Jika memilih deposit menggunakan voucher, pengguna dapat langsung memasukkan kode voucher. Membeli voucher dapat dilakukan di Indodax atau mitra-mitra exchanger Indodax. Kemudian, pilih metode pembayaran dan klik tombol “Pilih” di sebelah kanan untuk mengikuti instruksi selanjutnya.
  • Apabila memilih setor dana tunai melalui kantor cabang Indodax, maka Anda cukup menyetor uang tunai lewat kantor Indodax.
  • Apabila memilih deposit uang lewat E-Wallet, seperti Gopay, OVO, ShopeePay, LinkAja, DANA, dan lain-lain. Kemudian, klik QRIS E-Wallet yang Anda gunakan.
  • Jika memilih setor dana lewat Ritel, seperti Alfamart, maka ikuti instruksi selanjutnya.
  • Setelah melakukan deposit Rupiah, klik “Konfirmasi Transfer” sesuai dengan data yang diminta.
  • Tim Indodax melakukan validasi deposit Anda.
  • Saldo masuk dalam waktu 1-3 jam.

Keamanan Indodax

Platfom jual beli aset kripto ini termasuk salah satu platform teraman dan terbaik di Indonesia karena mengaplikasikan perlindungan Autentikasi Multi-Faktor (2FA) yang menggabungkan verifikasi lewat email, SMS, dan kode Google Authenticator. Jadi, setiap transaksi pengguna divalidasi oleh pengguna  sendiri.

Selain itu, Indodax juga telah terdaftar resmi di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappebti) Kementerian Perdagangan dan juga Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Marketplace aset kripto ini juga telah tersertifikasi ISO 9001 dan ISO/IEC 27001 yang menjamin kualitas sistem manajemen dan manajemen keamanan informasi.

Kelebihan Indodax dan Kekurangan Indodax

Kelebihan Indodax
  • Dapat diakses lewat aplikasi smartphone, laptop, dan tablet di mana saja dan kapan saja.
  • Kemudahan dalam setor dan tarik Rupiah, sehingga pengguna dapat melakukan transaksi jual beli mata uang kripto dengan cepat dan aman.
  • Member dapat menghubungi Indodax lewat telepon, live chat, dan email.
  • Menggunakan autentikasi multi-faktor (2FA) yang mengkombinasikan verifikasi email, SMS, dan kode Google Authenticator yang divalidasi oleh pengguna sendiri.
  • Memiliki 3 pilihan bahasa, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Mandarin.
  • Tampilan trading Indodax simple dan memiliki interface yang mudah dipahami oleh investor baru.
  • Menyediakan puluhan aset cryptocurrency, seperti Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, Litecoin, dan puluhan koin lainnya.
Kekurangan Indodax
  • Belum ada pilihan deposit dana menggunakan kartu kredit.
  • Belum ada pilihan peer to peer lending yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pinjaman dana untuk membeli mata uang kripto.
  • Belum ada fitur OCO (order cancel order) dimana pengguna dapat membuka order sell limit dan stop loss, sehingga trader tidak harus lagi membatalkan jual beli secara manual.

Tanya Jawab Indodax (FAQ)

Apa itu Indodax?

Indodax adalah marketplace online untuk membeli dan menjual Bitcoin dan mata uang kripto lainnya di Indonesia menggunakan mata uang rupiah.

Apakah semua warga negara bisa menjadi anggota Indodax?

Platform investasi ini menerima hampir semua warga negara, kecuali warnga negara Amerika Serikat, Iran, Irak, Syrian Arab Republic, Belarus, Congo, Democratic Republic of Congo, Myanmar, Cote D`Ivoire, Cuba, Belarus, Korea Utara, Liberia, dan Zimbabwe.

Apa itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang kripto pertama yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto (nama samaran) pada tahun 2009. Bitcoin ini mirip seperti aset emas tetapi hanya tersedia di dunia digital. Salah satu perbedaan antara Bitcoin dan mata uang tradisional adalah Bitcoin tidak dimiliki oleh negara mana pun. Artinya, Bitcoin adalah mata uang terdesentralisasi, karena tidak ada bank sentral, lembaga atau pemerintah yang mengontrol dan bertindak di atasnya.

Kami akan senang mendengar pendapat Anda

Tinggalkan balasan

Duniapedia
Logo
Reset Password